Terpopuler:

Cara Merawat Heatsink Komputer Yang Benar Agar Berumur Panjang

10 November 2017 - Kategori Blog

Komputermurahjogja.com – Komputer pada saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan wajib yang membantu untuk melakukaan pekerjaan, tugas, mencari hiburan dll. Tapi sayangnya ada sebagian orang hanya menggunakan tanpa memperdulikan perawatan setiap komponennya. Salah satu komponen yang sering terlewatkan adalah heatsink, padahal itu merupakan komponen vital. Heatsink berfungsi membuang hawa panas yang dihasilkan oleh processor, nah coba seandainya heatsink ini tidak ada atau berkerja secara maksimal pastinya panas kelaur dari processor akan terus meningkat dan akan terjadi overheat.

Memang dari bentuk heatsink bisa terbilang sudah untuk dibersihkan karena memiliki celah-celah kecil yang menjadikan  malas. Tapi jangan pernah malas untuk merawatnya karena itu merupakan bagia yang sangat vital. Oleh sebab itu pada kesempatan ini kami akan membagian mengenai cara merawat heatsink komputer yang benar.

  1. Siapkan alat untuk membersihkan heatsink seperti kuas, kain, obeng dll. Agar nantinya tidak kerepotan kesana-kemari mencarinya karena hal itu bisa membuang waktu dan menjadi tidak optimal.
  2. Lepaskan heatsink dari motherboard. Pastikan terlebih dahulu jenis heatsink yang kamu copot dan mengerti caranya, karena setiap berbeda merek beda juga bentuk dan cara melepasnya.
  3. Gunakan cairan pembersih ini kamu bisa membuatnya sendiria atau yang sudah jadi kalau tidak mau ribet.
  4. Untuk proses pengeringan tidak disarankan menggunakan tissue atau lap karena hal tersebut dapat meninggalkan sobekan-sobekan halus di heatsink. Disarankan untuk proses mengeringkan di bawah sinar matahari, hal ini bisa membuat cairan yang berada di celah-celah heatsink menghilang dengan baik. Walaupun memang membutuhkan waktu lebih lama apalagi ketika mendung.
  5. Selanjut ketika proses pemasangan kamu pastikan terlebih dahulu apakah sudah tidak ada cairan yang masih menempel. Apabila sudah benar-benar kering pasang termal paste secukupnya jangan terlalu banyak karena bisa menghambat panas dari processor.

Jadi sekian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat.

, ,