• Status Order
  • Telp.: 085643965987
  • SMS/WA: 6285643965987
  • Line : asconline
  • BBM : 5F364A31
  • info@komputermurahjogja.com
Terpopuler:

Epson Akui Printer Inkjet Jadi Kunci Dominasi Pasar

23 Maret 2019 - Kategori Blog
Ilustrasi.
KomputerMurahJogja.com –  Printer inkjet, yang menggunakan fitur ink tank disebut Epson adalah hasil buah karya terbaik merek di pasar Indonesia. Printer inkjet dengan ink tank yang diperkenalkan sejak 2010 menjadi printer dengan teknologi ink tank pertama di dunia.
“Portofolio printer jadi kontribusi terbesar pertumbuhan pendapatan Epson. Dari sekian jenis printerprinter inkjet dengan ink tank jadi yang terlaris. Di 2015 perlahan printer ink tank menggeser model cartridge,” jelas Marketing Division Epson Indonesia Riswin.
Riswin menyebut printer inkjet dengan ink tank jadi kunci bisnis sekaligus inovasi Epson. Dia mengakui Epson sempat terganggu saat banyak bisnis pengisian cartridge tinta tidak resmi dan jasa modifikasi ink tank bermunculan.
Epson Akui Printer Inkjet Jadi Kunci Dominasi Pasar“Jelas, kita awalnya berharap menjual printer murah supaya banyak yang beli dengan sumber pendapatan dari penjualan cartridge tinta. Justru konsumen ternyata tidak balik lagi karena mereka lebih pilih pengisian cartridge tidak resmi, alasannya harga yang tidak resmi lebih murah,” tutur Riswin.Padahal, penggunaan cartridgetidak resmi bisa merusak garansi dan mengakibatkan komponen di printer bermasalah. Demikin juga dengan modifikasi ink tank pada printer yang aslinya menggunakan cartridge, hal ini sebetulnya bersifat ilegal menurut Riswin.

Untuk memerangi hal tersebut merugikan Epson, pihaknya dijelaskan Riswin terus melakukan edukasi. Harga printer inkjet dengan inktank memang lebih mahal tapi dengan initial cost di awal lebih mahal justru menjadi lebih murah saat operationalcost.

Epson Akui Printer Inkjet Jadi Kunci Dominasi Pasar

“Di kami, harga tinta untuk ink tank 60 ml bisa Rp70.000 dan printer inkjet bisa cetak hingga 4.000 lembar, bisa dihitung biaya cetaknya tergolong murah sekali. Konsumen masih akan mendapatkan garansi resmi dan printer lebih awet,” beber Riswin.

“Kami melihat, ternyata pasar Indonesia lebih memilih jenis printer ink tank. Makanya di 2010 kami luncurkan L Series yang merupakan printek inkjet dengan ink tankPrinter ini dibanderol memang sedikit lebih mahal, tapi jumlah cetak yang dihasilkan lebih banyak,” jelasnya.

Selain segmen konsumen dari pengguna rumahan, Riswin menyebut kalangan SOHO dan SME atau usaha kecil menengah menjadi pengguna terbanyak printer dengan ink tank. Disebutkan kompetitor Epson terlihat mulai meniru teknologi mereka sejak 2015.

Ditanya terkait metode penjualan yang lebih populer, Riswin menyebut penjualan offline masih lebih dipilih sementara penjuakan online masih kurang dari 10 persen.

Epson Akui Printer Inkjet Jadi Kunci Dominasi Pasar

“Di marketplace atau online juga ada officialstore Epson, tapi bukan kami yang mengelola, melainkan dealer dengan izin langsung dari pihak Epson. Konsumen saat membeli printer masih lebih senang memegang dan bertanya langsung ke penjual soal kelebihan dan perbedaannya,” jelasnya.

sumber : metrotvnews