• Status Order
  • Telp.: 085643965987
  • SMS/WA: 6285643965987
  • Line : asconline
  • BBM : 5F364A31
  • info@komputermurahjogja.com
Terpopuler:

Intel Bakal Andalkan Samsung Produksi Prosesor 14nm

20 Juni 2019 - Kategori Blog
Ilustrasi.
KomputerMurahJogja.com – Cukup lama Intel berkutat dengan masalah produksi prosesor mereka. Ini memungkinkan AMD berhasil menyalip posisinya. Kini, Intel mengambil langkah strategis baru.

Dirumorkan bahwa Intel akan meminta bantuan Samsung untuk membantu proses manufaktur prosesor buatannya. Meski dikenal sebagai pembuat smartphone, Samsung juga memiliki divisi bisnis teknologi produksi prosesor atau semikonduktor yaitu Samsung Foundry.

Apabila rumor ini benar maka Samsung bakal mendapat sumber pendapatan baru dengan ikut andil dalam produksi prosesor komputer milik Intel. Rumor ini dilaporkan oleh Extreme Tech yang menyebutkan kabar tersebut disampaikan oleh media lokal Korea Selatan.

Nantinya fasilitas manufaktur Samsung Foundry akan diandalkan untuk memproduksi prosesor Intel fabrikasi 14nm. Intel disebut memiliki alasan tersendiri untuk memilih Samsung ketimbang TSMC (Taiwan) yang justru lebih dikenal sebagai manufaktur semikonduktor pihak ketiga yang sangat besar di dunia. Bahkan, Apple dan kompetitor Intel, AMD, juga menitipkan bisnis mereka ke TSMC.

Dijelaskan bahwa alasan Intel memiliki Samsung masih berkaitan dengan perang dagang dari Amerika Serikat. TSMC juga memiliki andil dalam memproduksi prosesor buatan Huawei.Dengan kata lain, mereka memiliki hubungan bisnis dengan merek asal Tiongkok tersebut.

Meksipun demikian, alasan yang paling bisa dipercaya adalah karena TSMC sudah memegang produksi dari AMD selaku kompetitor Intel. Hal ini menjadi isu sensitif mengingat TSMC sendiri sudah mampu memproduksi prosesor fabrikasi 7nm dari AMD.

Dalam hal tersebut, memang Intel masih tertinggal, mereka sendiri baru menjangkau produksi prosesor fabrikasi 10nm dan masih mengandalkan fabrikasi 14nm untuk memenuhi permintaan pasar. Sejauh ini, rumor terbaru menyebutkan Intel masih dalam tahap negosiasi akhir dengan Samsung.

Rumor lain menyebutkan, alasan Intel memilih Samsung adalah karena dikabarkan Samsung akan memberikan pengurangan biaya produksi lebih besar dibandingkan TSMC. Hal ini dinilai sebagai ambisi Samsung Foundry memiliki pelanggan baru. Jika mereka berhasil memproduksi prosesor Intel, ini akan menjadi sebuah prestasi besar bagi mereka.

Intel saat ini harus mengambil langkah cepat. Mereka suah terlanjur membuat rencana bahwa prosesor fabrikasi 7nm dan 10nm akan dirilis pada 2021. Namun, mereka akan meluncurkan GPU berbasis 7nm terlebih dulu. GPU Itu akan mejadi kartu grafis diskrit pertama Intel.

sumber : medcom.id