Terpopuler:

Kerusakan Komputer Yang Diakibatkan Sering Mati Listrik

13 November 2017 - Kategori Blog

Komputermurahjogja.com – Di Indonesia ini memang bisa dibilang masih sering sekali mati listrik, apalagi bagi mereka yang lokasinya jauh dari kota akan lebih sering mengalami gangguan. Padahal saat ini peralatan rumah sudah menggunakan listrik juga seperti komputer.

Perangkat komputer memang sangat mengandalkan adanya aliran listrik agar dapat digunakan oleh sebab itu pasti ada dampak yang terjadi apabila terjadi masalah pada kelistrikan seperti mati listrik. Apabila hal tersebut sering terjadi akan membuat komponen yang ada di dalamnya akan rentan rusak. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan mengenai kerusakan komputer yang diakibatkan sering mati listrik atau tidak stabil.

  1. Hardisk Rusak

Komponen komputer yang sering mengalami kerusakan ketika mati listrik atau tidak dimatikan dengan benar adalah hardisk. Apalagi ketika kamu sedang menggunakan komputer seperti bermain game, mengedit, mengcopy data dan aktifitas lainnya. Kerusakan yang biasanya terjadi biasanya tidak langsung terlihat, awalan biasanya terjadi bad secor. Apabila hal tersebut tidak segera diatasi akan mengakibatkan kerusakan fisik permanen.

  1. Power Supply

Selanjutnya komponen komputer yang memiliki dampak kerusakan yang diakibatkan mati listrik adalah power supply. Karena power supply memiliki tugas untuk mengalirkan listrik ke seluruh komponen komputer. Sebenarnya tidak hanya diakibatkan mati listrik saja yang dapat mempengaruhi kerusakan, tetapi lonjakan listrik secara tiba-tiba dapat mengakibatkan kerusakan pada power supply bahkan komponen lain.

  1. Motherboard

Motherboard merupakan sebuah induk dari komponen komputer, karena seperti RAM, VGA, HDD dll. Disambungkan menuju motoherboard. Oleh sebab itu apabila terjadi lonjakan listrik dari powersupply akan mengakibatkan kerusakan pad motherboard kamu.

Saran dari kami apabila tempat kamu sering mengalami pemadaman listrik atau sering naik turun, cobalah untuk menggunakan UPS. Walaupun menggunakan UPS tidak bertahan lama, setidaknya ketika mengalami pemadaman listrik tiba-tiba tidak langsung mati dan kamu memiliki waktu untuk mematikan.

, ,