Terpopuler:

Mengatasi Hard Disk SATA Kadang Tidak Terdeteksi di BIOS

14 November 2017 - Kategori Blog

Komputermurahjogja.com – Memang mebingungkan apabila mengalami kendala hard disk tidak terbaca di BIOS tetapi kadang terbaca. Sebenarnya apa yang terjadi? Ketika hard disk bisa terbaca pastilah bisa melewati proses booting, tetapi jika tidak terbaca kamu tidak dapat menggunakannya sama sekali. Misalkan ada komputer atau laptop lain mungkin tidak akan kebingungan walaupun memang harus berkerja lebih karena data berada di komputer sebelumnya.

Biasanya apabila hard disk tidak terbaca di BIOS akan muncul tulisan tertentu. Oleh sebab itu pada kesempatan ini kami akan membagikan cara mengatasi hardisk SATA yang kadang tidak terdeteksi di BIOS.

  1. Lepaskan semua kabel yang tersalur ke aliran listrik.
  2. Bukalah casing CPU kamu.
  3. Coba copot dan pasang kembali kabel sata maupun power hard disk. Pastikan sudah terpasang dengan benar.
  4. Apabila sudah cioba pasang kembali kabel power listrik kamu. Coba hidupkan apakah sudah kembali normal. Apabila sudah berarti hanya karena longgar kabelnya.
  5. Jika cara tersebut masih belum berhasil cobalah untuk kembali melepaskan semua kabel power dari aliran listrik. Kemudia carilah kabel sata lain dan coba untuk booting kembali. Apabila berhasil berarti ada kerusakan pada kabel sata.
  6. Jika semua kabel Sata sudah dicoba tetapi masih saja tetap tidak berhasil, cobalah untuk mencoba hard disk yang kamu miliki tersebut di komputer lain. Apabila terbaca berarti sudah saatnya hardisk yang kamu miliki untuk diganti.

Penyebab Hard Disk SATA Tidak Terbaca

  1. Kabel SATA tidak berfungsi dengan baik diakibatkan ada jalur yan terputus.
  2. Konektor kotor karena sudah lama tidak dibersihkan.
  3. Port pada motherboard rusak.
  4. Hard Disk yang sudah bermasalah.

Jadi itulah cara mengatasi hard disk SATA yang terkadang tidak terbaca. Sekian dulu semoga bermanfaat.

 

, ,