• Status Order
  • Telp.: 085643965987
  • SMS/WA: 6285643965987
  • Line : asconline
  • BBM : 5F364A31
  • info@komputermurahjogja.com
Terpopuler:

Prosesor Intel Ice Lake Muncul, Incar Laptop Ringan dan Tipis

02 Agustus 2019 - Kategori Blog
Ilustrasi.

KomputerMurahJogja.com – Intel akhirnya memproduksi prosesor fabrikasi 10nm untuk laptop tipis dan ringan. Sesuai jadwal, hari ini Intel mengumumkan prosesor Generasi ke-10 Ice Lake.

Rencana kehadiran Intel Ice Lake sendiri sempat dibocorkan di Computex 2019. Intel Generasi ke-10 Ice Lake terdiri dari 11 varian dengan rentang SKU mulai Intel Core i3 hingga Core i7. Semuanya diciptakan dengan desain arsitektur terbaru Sunny Cove.

Masih sama seperti generasi sebelumnya, prosesor untuk laptop ini akan dibagi menjadi dua seri yaitu Y-Series dan U-Series. Perbedaannya, Y-Series ditujukan untuk laptop yang tipis dan performa efisien. Kemudian U-Series untuk laptop ultrabook yang performanya masih tetap mumpuni.

Dari 11 prosesor Intel Generasi ke-10 Ice Lake, tersedia spesifikasi core dan thread mulai dari 2 core/4 thread hingga 4 core/8 thread. Intel mengklaim sudah ada beberapa vendor yang akan segera menyediakan prosesor ini di produknya. Tidak kurang ada lebih dari 35 produk.

Prosesor Intel Ice Lake Muncul, Incar Laptop Ringan dan Tipis

Penamaan jajaran prosesor ini mungkin akan sedikit membingungkan, terutama kehadiran kode G di nama seri prosesor. Kode ini menandakan jenis kartu grafis terintegrasi yang disediakan prosesor yaitu Intel Iris Plus yang terdiri dari jumlah graphic execute unit (EU) yang berbeda.

Kode G7 artinya mengguankan Intel Iris Plus dengan konfigurasi 64 EU, G4 dengan 48 EU dan G1 berarti menggunakan konfigurasi 32 EU. Intel juga mengklaim bahwa kemampuan kecerdasan buatan atau AI menjadi fitur penting yang mendukung performa laptop dan prosesor ini.

Fitur AI bernama Intel Adaptix secara pintar akan mengenali dan menganalisis kegiatan yang berjalan di perangkat, sehingga performanya bisa optimal dengan konsumsi daya efisien sesuai dengan kegiatan komputasi yang berlangsung.

Prosesor Intel Ice Lake Muncul, Incar Laptop Ringan dan Tipis

Intel juga mengklaim laptop tipis dan ringan dengan prosesor ini bisa mendukung pengalaman bermain game di resolusi 1080 dan kemampuan untuk mengolah video beresolusi 4K lebih cepat. Tentunya hal ini membuat laptop tipis tidak sekadar memiliki baterai yang hemat, tapi lebih mumpuni dibanding generasi sebelumnya.

Laptop yang menggunakan prosesor Intel Ice Lake juga akan memiliki dukungan Thunderbolt 3 di empat port USB. Tidak ketinggalan prosesor ini juga akhirnya membawa dukungan modem internet WiFi 6.

Sejauh ini belum diketahui laptop buatan vendor mana yang akan pertama dirilis menggunakan Intel Generasi ke-10 Ice Lake. Kemungkikan laptop-laptop yang akan dirilis akan masuk dalam bagian dari Project Athena, proyek Intel untuk membuat laptop tipis dan ringan memiliki performa tinggi seperti laptop mainstream.

sumber : medcom.id