• Status Order
  • Telp.: 085643965987
  • SMS/WA: 6285643965987
  • Line : asconline
  • BBM : 5F364A31
  • info@komputermurahjogja.com
Terpopuler:

Tepati Janji, NVIDIA Bawa Ray Tracing ke Seri GTX Lawas

15 April 2019 - Kategori Blog
Kartu grafis tertinggi NVIDIA seri GeForce RTX memiliki fitur unggulan bernama ray tracing.
KomputerMurahJogja.com – NVIDIA resmi merilis dukungan fitur ray-tracing untukseri GeForce GTX lawas dan seri lain yang menggunakan GPU Pascal. Sebelum ini, fitur tersebut hanya ada pada keluarga kartu grafis GeForce RTX.

Rencana untuk membawa fitur ray-tracing ke seri GeForce GTX diumumkan oleh NVIDIA pada Game Developers Conference (GDC) 2019. Dukungan ray-tracing dirilis lewat update driver GeForce Experience terbaru.

Kartu grafis keluarga GeForce GTX berbasis GPU Pascal yang mendapatkan update ini adalah GeForce GTX 1060 hingga GTX 1080 Ti. Kemudian dua seri keluarga GeForce Titan dan tidak ketinggalan keluarga GeForce GTX berbasis GPU Turing yaitu GeForce GTX 1660 Ti dan GTX 1660.Sayangnya, seri kartu grafis GeForce GTX 1050 Ti dan di bawahnya tidak mendapat dukungan ini.

Dalam driver terbaru, tersedia teknologi NVIDIA bernama DirectX Ray Tracing (DXR). DXR sendiri diperkenalkan oleh Microsoft pada acara GDC tahun lalu. DXR hadir dalam bentuk API yang memungkinkan komponen memiliki kemampun ray-tracing.

Artinya, kemampuan ray-tracing yang dihadirkan masih berbasis software, bukan hardware. Seperti yang diketahui, kartu grafis seri GTX berbasis GPU Pascal tidak memiliki RT Core yang berfungsi mengolah dan menyajikan ray-tracing.

Dalam mode ray-tracing aktif, framerate dari kartu grafis berbasis GPU Pascal tidak akan lebih tinggi dibandingkan dengan kartu grafis seri GeForce RTX yang berbasis GPU Turing. Hal ini diakui NVIDIA, efek ray-tracing akan sangat terasa tapi kualitasnya tidak akan seperti di keluarga kartu grafis GeForce RTX.

RT Core juga tidak disediakan pada dua kartu grafis terbaru NVIDIA, GTX 1660 dan 1660 Ti walau keduanya berbasis GPU Turing, seperti yang digunakan di seri GeForce RTX. Tampilan dengan ray-tracing tetap bisa dihadirkan pada dua kartu grafis tersebut, tapi proses rendering dan shading tidak segesit seri GeForce RTX.

Ray-tracing adalah teknologi yang memanfaatkan pencahayaan untuk memberikan kesan realistis pada objek dalam grafis. Pada dasarnya, ray-tracing akan memberikan dampak terhadap tiga aspek: bayangan, refleksi, dan refraksi.

Sumber : medcom.id